Selamat Datang di Ruang Pajang Cipta Karya Sastra (Puisi, Cerpen, Drama, Artikel, dan Catatan Budaya) =============================================================================

Minggu, 01 Januari 2012

TAHUN BARU : MENGUBAH IMAN BOLONG JADI (TIDAK) BLONG

Iya, setuju, tahun baru mengubah segala sesuatu yang buruk untuk menjadi lebih baik, misalnya iman kita yang selama ini ketahuan bolongnya sana sini, suka berbohong, suka iri pada milik teman, suka dengki sama tetangga, suka memfitnah, suka ngrumpiin yang jelek jelek agar di tahun baru ini kita sedikit perbaiki. Nggak usah banyak-banyak berharap. Kalau menyangkut soal rejeki, mari kita sama sama berdoa dan terutama agar orang orang kaya sekitar kita lebih cekatan untuk berderma.
Di tahun baru ini pula jangan pernah cemas dan berpikir dangkal kalau seandainya Tuhan kurang menyikapi doa kita. Jangan khawatir, kalau selama tahun-tahun sebelumnya segala sesuatu yang kita telah perbuat dengan kebaikan kebaikan pasti akan menuai karma yang baik. Di tahun depan tentunya lebih menggandakan pahala kita. Kendati tidak terlalu berharap sekali, namun apa salahnya kalau diam diam berharap dalam hati.
Di tahun baru ini pula semoga para pemimpin pemimpin bangsa lebih bijak dan arif dalam mengambil keputusan, terutama menyangkut rakyat banyak, lebih hati hati mengeluarkan peraturan peraturan, dan tentunya pula lebih banyak kita harapkan sang pemimpin pemimpin sejati bangsa ini, lebih banyaklah berpihak pada rakyat kecil. Misalnya dalam pengolahan lahan kendati berharap infrastruktur berkembang sempurna, namun jaga juga perasaan rakyat, Kalau mau bergandengan tangan dengan kaum investor demi untuk memajukan daerah, terutama pendapatan asli daerah, ingat pula jangan sampai mengancam kepentingan adat setempat, jangan memakan rakyat. Semoga pemimpin pemimpin kita di tahun depan nanti tidak selalu menganggap rakyat sebagai sosok musuh yang mesti dibasmi. Tak lepas kita berdoa juga jangan semata mata hanya demi uang, sampai rela menjual tanah yang menyangkut kepentingan rakyat banyak,jangan semata mata demi fulus nanti malah mengakali rakyat dengan alasan kepentingan rakyat dan yang pasti kita semua tentunya berharap, para pemimpin pemimpin bangsa kita jangan terlalu banyak berbohong, kurangi korupsi bila perlu hilangkan kebiasaan kebiasaan untuk mencuri uang Negara. Ingat dosa dunia-akherat, dosa berkepanjangan di padang tandus nan gersang.

Di tahun baru ini pula buat rekan rekanku sesama buruh perusahaan, baik perusahaan dalam negeri maupun perusahaan luar negeri, mari kita semua berharap yang baik baik, berdoa supaya ganjalan gaji kurang cukup ataupun ngepas tapi masih hutang sana sini, ya kita berharap tentunya berdasarkan standard upah minimum barangkali bisa ditingkatkan menjadi lebih maksimal berdasarkan loyalitas dan kinerja, tentunya pula berdasarkan kontribusi kita yang prima. Ingat! Yang prima lho. Bukan hanya sekadar datang-duduk dan duhuiiit! Mari berharap turunnya cuaca yang lebih baik dan menguntungkan di pihak buruh. Dan yang pasti pula jangan sampai keluar doa buruk dari mulut kita yang bau, misalnya: semoga perusahaan cepat bangkrut..hehehe jangan-lah, apalagi kalau tahu memang nasib buruk di perusahaan itu, dengan gaji buruk dan semangat kerja yang buruk. Hilangkan doa itu, bila perlu jangan berdoa yang dampaknya malah akan membunuh keluarga sendiri. Kita bebas berdoa dan memang tak ada undang-undang yang mengatur apa yang mau diucapkan lewat doa kita, itu artinya ada kebebasan untuk tetap berdoa, doa yang baik dan buruk sekalipun. Doa yang dituju buat perusahaan, buat kolega, buat boss kita sekalipun. tapi pahamilah, doa itu bagaimanapun lidah dari pikiran kita yang tertangkap di mata Tuhan. Itu artinya apa? Ya, sekalipun nasib kita buruk janganlah berdoa yang busuk terdengar.

Di tahun baru ini, wahai kawan kawanku yang berprofesi sebagai maling, marilah panjatkan sedikit doa bahwa maling itu tidak sehat, apalagi mengambil yang bukan haknya. Kendati engkau pernah ketahuan atau tidak sama sekali, kendati pernah terpenjara atau tidak sama sekali, marilah bertobat menjauhkan jalan nista itu demi keamanan lahir bathin. Carilah kerja lain, misalnya: bertani, berdagang ataupun berkhayal yang baik baik disertai doa beragam cara dalam seribu pengandaian menghasilkan duit dengan cara yang halal. Dijamin Tuhan tak pernah murka.
Di tahun baru ini wahai sahabat sahabatku yang suka dengan cara-cara maksiat untuk memperoleh sesuatu, misalnya bermain main dalam hawa black magic, suka mencari kesalahan orang dan menghakimi dengan racun-cetik dll, hilangkanlah kebiasaan itu, apalagi menyukai pacar teman, pacar sahabat, pacar bos dan pacar pejabat dan…….juga istri temen, istri sahabat, istri pejabat yang jablay dengan cara memata-matai lewat mantra-mantra pengasih asih senggeger wow, nikmat janggal yang membuat ngeri sesudahnya. Lumpuhkanlah pikiran pikiran, niat jelek seperti itu. Ingat kawah panas yang pada akhirnya akan membuat pikiranmu menjadi lumpuh selamanya. Dan duhai, sahabat sahabatku yang dengan cara cara tertentu suka bermain-main dengan mantra pengasih asih demi kelanggengan jabatan, agar mau didengar suaranya oleh atasan, agar terpilih sebagai orang penting dalam suatu perusahaan serta menduduki tempat yang ‘basah’ dalam sebuah proyek Negara, agar tidak ketahuan mencuri uang Negara, memanipulasi data,oh, hilangkan cara cara demikian. Ingatlah segala sesuatu yang ada di dunai ini tidak abadi, tidak langgeng dan tidak mutlak adanya. Untuk apa mempertahankan semua itu dengan kompens di luar kemampuan kita memimjam mantra-mantra bermuatan ghaib, bertentangan dengan hati nurani, agar terlihat berwibawa, terhormat, kaya raya kalau sesungguhnya diakhir jalan kita hanya menyisakan sepetak tanah 2 meter sesuai ukuran tubuh untuk mengubur dalam kematian. Ingatlah sahabat, melewati kematian adalah berabad-abad jalan panjang yang tiada taranya melampaui beberapa tahun kehidupan kita yang pendek.

Dan di tahun baru ini sebagai pergantian tahun yang lama, jangan lupa untuk tetap berterimakasih dalam kejadian kejadian sebelumnya yang terlewati sebagai sebuah pengalaman buruk untuk menerimanya dengan ikhlas sebagai sebuah cobaan, sebuah godaan, sebuah musibah yang tentunya wajib dan sudah semestinya kita alami. Itu artinya perjalanan ini semata mata tidak lurus adanya dan Yang maha Penguasa jagat ini memang kita akui memiliki tehnik tehnik tertentu dalam menguji kekuatan iman umatnya. Sejauh mana…ya sejauh mana mampu kita lewati.
Di tahun baru ini mari kita berdoa agar negeri ini jangan terlalu berat diberi bencana, agar diberi kekuatan, kesehatan dan pikiran yang positip dari berbagai penjuru, baik itu untuk keluarga kita, teman teman kita, sahabat sahabat kita, guru guru kita, atasan kita, para pemimpin Negara kita, juga para pahlawan-pahlawan bangsa dan juga rekan rekan para penjahat, preman, penyamun, perampok dan juga semua mahluk mahluk halus seperti roh roh gentayangan, dedemit ,jin-jin, tuyul, hantu, gondoruwo, setan setan, semua leak leak penghuni alam, baik leak ngakak, leak nyengir, leak nguntul, wong samar, bhuta kala dan lain-lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu………
Selamat tahun baru 2012……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar